Jadi bagian dari keluarga besar Mahajaya. Submit CV kamu sekarang juga. Buka selengkapnya →

News & Blog

Alun-Alun Tugu Balaikota Malang

News & Blog

Tugu merupakan ikon tertentu yang dimiliki oleh sebuah kota besar atau kota yang memiliki sejarah besar. Seperti halnya Kota Padang dengan Jam Gadangnya, Kota Surabaya dengan Tugu Pahlawannya. Lantas bagaimana dengan Kota Malang? Kota dengan julukan Kota Bunga ini juga memiliki tugu yang cukup terkenal. Tugu tersebut berada di Taman Alun-Alun Tugu Balaikota Malang.

Lokasi Alun-Alun Tugu Balai Kota Malang ada di Jalan Tugu, Kidul Dalem, Klojen, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111.

Menurut catatan sejarah, taman alun-alun tugu Balaikota Malang mulai dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Taman ini dibuat oleh Jenderal Pieter Zoen Coen, seorang Gubernur Pemerintah Hindia Belanda yang berkuasa di Indonesia.

Ketika pertama dibangun, desain landscape taman alun-alun Tugu masih sederhana. Konsepnya terbuka tanpa dibatasi pagar yang menghalang dan belum ada tugunya. Pada mulanya, taman ini dibangun untuk sekedar pelengkap halaman gedung Gubernuran Hindia Belanda.

Selanjutnya setelah kemerdekaan, peresmian pembangunan Monumen Tugu yang ditandatangani oleh Mr. Soekarno dan A.G. Suroto. Tetapi sayang sekali pada tahun 1948, terjadi agresi militer Belanda I yang menghancurkan monumen tugu.

Dan akhirnya pada tahun 1953, pemerintah Malang kembali membangun Monumen Tugu dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

Monumen tugu dikelilingi oleh kolam yang dihiasi teratai dan berisi ikan-ikan kecil. Kolam air ini dilengkapi dengan beberapa titik air mancur yang selalu memancarkan air pada pagi dan malam hari. Air mancur ini selain menambah keindahan taman, juga berguna membantu sirkulasi air kolam.

Alun-alun Tugu dibuat dengan memperhatikan beberapa hal. Monumen Tugu yang berada di tengah melambangkan pusat untuk kelima penjuruh arah. Satu arah utama yang menuju ke Gedung Balai Kota, dan keempat arah lainnya mewakili jalan raya yang bermuara di alun-alun ini.

Taman alun-alun Tugu Balaikota Malang ini sering menjadi tempat untuk hunting foto bagi penggemar fotografi karena keindahannya. Selain untuk hunting fotografi, taman ini nyaman juga dijadikan tempat berolahraga. Atau bagi penggemar selfie, taman ini adalah spot fotografi menarik untuk melakukan selfie.

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.