Jadi bagian dari keluarga besar Mahajaya. Submit CV kamu sekarang juga. Buka selengkapnya →

News & Blog

Kota Batu dengan Budaya dan Ciri Khasnya

News & Blog

Bantengan

Kesenian Tradisional Bantengan merupakan sebuah seni pertunjukkan budaya. Kesenian Bantengan adalah sebuah tradisi yang menggabungkan unsur-unsur sendra tari, olah kanuragan, musik, serta syair/mantra yang sangat kental terhadap nuansa magis.

Seni Bantengan sudah ada sejak jaman kerajaan Singasari yang memiliki kaitan erat dengan pencak silat. Meskipun sudah ada pada masa kerajaan yang didirikan oleh Ken Arok ini, kesenian bantengan masih belum seperti sekarang, karena gerakan tari yang dimainkan mengadopsi dari gerakan Kembangan Pencak Silat, yaitu berupa topeng kepala banteng yang menari.

Kesenian Bantengan diperankan oleh dua orang yang mana satu orang berperan menjadi kaki depan sekaligus pemegang kepala bantengan dan satu orang lagi yang berperan sebagai kaki belakang sebagai ekor bantengan. Dan, kostum bantengan biasanya terbuat dari kain berwarna hitam dan topeng banteng yang terbuat dari kayu serta tanduk banteng asli.

Sandukan

Sanduk merupakan sebuah tarian yang dimainkan oleh sekelompok orang sambil diiringi dengan musik pengiringnya. Tari sanduk dapat diikuti oleh banyak kalangan tidak terkecuali dan tidak mengenal batasan umur, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tarian ini umumnya ditampilkan pada saat diadakan sebuah perayaan-perayaan tertentu maupun festifal yang diperlombakan.

Makanan

Kota Batu terkenal akan buah apelnya. Buah Apel sendiri merupakan buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, karena itu Kota Batu dengan kemampuan pengolahannya mejadikan buah apel maskot serta makanan yang menjadi ciri khasnya.

Cuka Apel

Cuka Apel adalah salah satu produk yang diandalkan Kota Batu dan pemasarannya berletak di desa Temas. Produk cuka apel ini dipasarkan dengan menggunakan merk bernama Wukir Sari.

Sari Apel

Sari Apel merupakan sebuah produk minuman gelas berukuran kecil. Minuman yang diolah dari apel-apel terbaik Kota Batu. Produk ini dipasarkan oleh rumah produksi Bromo Semeru dan merk yang dicantumkan pada produknya adalah “Brosem”.

Keripik Apel

Tak berhenti kreatif untuk mengola apel sebagai makanan manis, Kota Batu juga membuat apel menjadi sebuah keripik yang tentunya sangat cocok menjadi sebuah camilan juga oleh-oleh. Di barengi dengan bermacam-macam keripik ala Kota Malang dan Batu, membuat keripik apel menjadi incaran para pengunjung.

Selain itu masih ada lagi seperti dodol apel, cincau, angsle, dan ketan. Makanan-makanan tersebut ikut menjadi jajaran makanan yang menggambarkan Kota Batu.

Ciri Khas

Kota Batu merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota yang terletak 15 km sebelah barat Kota Malang ini berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara, dan juga dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut dan memiliki suhu udara dengan rata-rata 15-19 derajat Celsius.

Terdapat juga objek wisata terkenal di Kota Batu yaitu berupa wisata udara paralayang. Lalu ada juga Jatim Park yang merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur dan kini menjadi salah satu ciri khas Kota Batu dan Malang. Di kota ini pun banyak terdapat villa serta sejumlah hotel berbintang lima. Kota Batu saat ini dikenal sebagai kawasan agropolitan, dan menyandang julukan Kota Agropolitan.

Seperti halnya kawasan Malang Raya dan juga sekitarnya, Kota Batu banyak menghasilkan apel, sayur mayur, dan bawang putih. Dikenal juga sebagai kota seniman karena terdapat banyak sanggar lukis dan galeri seni di kota ini. Yang terbaru Batu yaitu Night Spectaculer, Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, dan Jatim Park 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We take processes apart, rethink, rebuild, and deliver them back working smarter than ever before.